Sabtu, 31 Mei 2014

Publikasi Bahasa Indonesia - Teks Laporan Hasil Observasi.

Hai, kembali lagi dengan Rania Hendradwiputri.
Oke, sekarang kita berjalan selangkah lagi ke Teks Laporan Hasil Observasi. Seingatku, aku tidak masuk saat Bu Siti Zulaeha memberikan materi ini. Suaraku hilang, dan aku sama sekali tidak bisa berbicara. Berani taruhan, suaraku nggak keluar. Karma anak bersuara cempreng gini, nih. Jadi, aku meliburkan diri selama beberapa hari atas saran dokter langgananku.
Dan parahnya lagi, waktu ulangan tentang Teks Laporan Hasil Observasi, 'kan disuruh buat puisi dari teks observasi yang tertera di soal. Itu tentang makhluk hidup di bumi (yah, sebenarnya itu juga teks yang dikutip dari buku cetak). Serius, aku nggak mahir-mahir amat bikin puisi. Kalau seorang Silviana Eka (temanku di kelas X IPS 1) bikin, dijamin langsung dapat nilai 100, deh. Walhasil? Dengan modal kalimat yang sangaaaatttt... baku dan tidak bermutu, aku langsung membuatnya secepat kilat. Nggak tahu dapat berapa. Yang lucu, Fiqih Al-Aziz, salah satu temanku di X IPA 2, malah bikin macam gini.
"Benda di dunia ini, dapat dibagi menjadi dua. Ada benda hidup, dan ada benda mati."
Astagfirullah, dia berkoar a la pembaca puisi abal begitu dari belakang, aku yang duduk di depan langsung ngakak nyembur. Setidaknya, aku masih menguras otakku dalam membuat puisinya, nggak asal kutip dari teks.
Oke, kembali ke tugas, ini dia PowerPoint Teks Laporan Hasil Observasi yang kubuat. Terima kasih kepada pemilik sumber-sumber yang kuperoleh lewat internet dan buku cetak Bahasa Indonesiaku. Jangan ragu-ragu untuk memberikan kritik dan saran yang membangun, oke? Bisa saja itu membantuku dalam tugas-tugas berikutnya. Terima kasih sebelumnya.
Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar